Selasa, 28 Februari 2017

Sistem Pakar Penyusunan Anggaran

Oleh KUSNADI
500630465
MATA KULIAH: SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
DOSEN PENGAMPU: Prof. Dr. Ir. Hapzi Ali, MM, CMA.

Saudara diminta untuk menjelaskan dan mendesain sistem pakar pada suatu perusahaan (diharapkan perusahaan tempat saudara bekerja) yang dikaitkan dengan IRIS.
Selamat mejawab forum,
JAWABAN


PENJELASAN DESIGN SISTEM PAKAR

Perancangan Design Sistem Pakar ini digunakan untuk penyusunan anggaran Pemerintah supaya anggaran yang disusun oleh unit/divisi pada suatu instansi sesuai dengan standar biaya masukan dalam hal ini peraturan kementerian keuangan tentang standar biaya,
Rencana Sistem Pakar ini menggunakan Program PHP sebagai web basenya dan Mysql sebagai database nya. Yang terkoneksi secara online, sehingga system penyusunan anggaran dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Kendala selama ini dalam penyusunan anggaran adalah penelaahan usulan anggaran secara manual dengan mengecek satu persatu kesusuaian usulan anggaran dengan standar biaya, kode program dan mata anggaran yang digunakan. Sehingga cukup menyita waktu yang lama. Dengan adanya system pakar penyusunan anggaran ini diharapkan penyusunan anggaran lebih efisien dan akuntabel.
Aliran data bersumber dari pengetahuan seorang Pakar/Administrator/Ahli Perencana Anggaran yang menuangkan standar biaya, kode anggaran, dan mata anggaran yang sesuai dengan peraturan kementerian keuangan tentang standar biaya dan bagan akun standar.  Selain itu design format yang di tampilkan pada web base menyesuaikan dengan format anggaran kementerian keuangan dan bisa di eksport sesuai dengan format aplikasi RKAKL Kementerian keuangan. Sehingga nanti dari aplikasi RKAKL hasil eksport dapat di restore kembali di aplikasi RKAKL, artinya tidak perlu untuk menginput ulang rencana program dan anggaran di aplikasi RKAKL.  Pengetahuan pakar tersebut dimasukkan ke dalam sistem, kemudian diproses. Dan output dari system pakar ini adalah usulan anggaran yang sudah di telaah berdasarkan standar biaya, kode anggaran dan, mata anggaran.

Dalam desain sistem Pakar Penyusunan Anggaran diatas, terdapat Sistem Informasi Sumberdaya Informasi (IRIS) yang terdiri dari Subsistem Input (Data Usulan Anggaran) dan Sub Sistem Output (hasil telaah anggaran), informasi pada Subsistem Input merupakan sekumpulan informasi tentang rencana program dan anggaran.  Sedangkan informasi pada Subsistem Input merupakan sekumpulan informasi tentang rencana program dan anggaran yang sudah ditelaah oleh sistem pakar sesuai dengan setandar biaya, kode anggaran dan mata angaran berdasarkan peraturan menteri keuangan tentang standar biaya dan badan akun standar.

File Lengkap Download Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar