Senin, 20 Maret 2017

Sistem Keuangan dan Kendalanya

Nama                          : Kusnadi
Nim                             : 500630465
Tutor                          : Prof. Dr. Hafzi Ali, Ir., MM., CMA.
Mata Kuliah               : Sistem Informasi Manajemen

Bagaimanakah Sistem Keuangan di Kantor saudara, apa saja kendalanya saat ini. (Dapat juga di asumsikan)
JAWABAN
Sistem Keuangan ditempat saya berkerja secara umum terdiri dari tiga proses, yaitu:
1.      Perencanaan Anggaran (Aplikasi RKAKL)
Aplikasi RKAKL (Rencana Kerja Anggaran Kementerian Lembaga) digunakan untuk penyusunan anggaran, revisi anggaran. Dalam penyusunan anggaran output dari aplikasi ini berupa usulan rencana kerja dan anggaran tahun berikutya. Sedang output dari revisi anggaran adalah perubahan revisi anggaran tahun berjalan.
2.      Pelaksanaan Anggaran (Aplikasi SAS)
Aplikasi SAS digunakan untuk mencatat transaksi keuangan, dan digunakan untuk pencairan dana ke kantor KPPN.
3.      Pelaporan Keuangan
Untuk pelaporan keuangan menggunakan aplikasi SAIBA yang setiap bulan wajib rekon ke kantor KPPN. Sedangkan untuk pelaporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan masih manual.

Kendala Perencanaan
Apliasi RKAKL masih offline, sehingga memerlukan waktu yang lama dalam penyusunan anggaran, dikarenakan opeator RKAKL harus menginput satu persatu rencana kerja dan anggaran. Selain itu untuk menghasilkan usulan anggaran yang baik harus dilakukan beberapa kali pertemuan untuk membahas usulan rencana kerja dan anggaran sehingga biaya yang digunakan untuk memfasilitasi pertemuan tersebut cukup besar. Hal ini dikarenakan belum adanya sistem informasi yang terintegerasi secara online dalam penyusunan
Kendala Pelaksanaan Anggaran
Aplikasi SAS juga masih bersipat offline, operator SPM dan Bendahara Pengeluaran harus menginput satu persatu transaksi keuangan dan pencairan dana. Seringkali terjadi human error dalam penginputan transaksi keuangan dan pencairan dana. Selain itu proses pengajuan pencairan dana harus menyetujui Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, dan Pejabat Penguji Surat Perintah Membayar yang diterbitkan oleh PPK. Apabila ketiga perjabat tersbut sedang tidak berada di lokasi kerja, maka pencairan dana akan terhambat. Hal ini dikarenakan belum adanya sistem informasi pelaksanaan anggaran yang terintegerasi secara online  sebagai pendukung pengambilan keputusan disaat pejabat sedang tidak berada di lokasi tempat kerja.
Kendala Pelaporan
Laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan anggaran juga masih offline, sehingga pelaporan pertanggungjawaban sering tidak sesuai dengan rencana. Hal ini dikarenakan belum adanya sistem informasi pelaporan atas pertanggungjawan pelaksanaan  anggaran yang terintegerasi secara online yang memudahkan dalam pelaporan pertanggungjawaban ata pelaksanan anggaran.
Saran
Untuk mengatasi permasalahalan diatas sebaiknya membangun sistem informasi terpadu yang terintegerasi secara online baik dalam penyusunan anggaran, pelaksanaan anggaran dan pelaporan keuangan. Sehingga dapat mengefisiensi waktu dan biaya dalam penyusunan anggaran, dapat memudahka pelaksanan dan pelaporan kegiatan.

File Pdf Download Disini




Tidak ada komentar:

Posting Komentar