Rabu, 08 Maret 2017

PENGEMBANGAN SISTEM PENYUSUNAN DAN PENGENDALIAN ANGGARAN YANG MAMPU MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN AKUNTABELITAS ANGGARAN PEMERINTAH PADA STAIN SYAIKH ABDURRAHMAN SIDDIK BANGKA BELITUNG

PENGEMBANGAN SISTEM PENYUSUNAN DAN PENGENDALIAN ANGGARAN YANG MAMPU MENINGKATKAN
EFEKTIFITAS DAN AKUNTABELITAS ANGGARAN PEMERINTAH
PADA STAIN SYAIKH ABDURRAHMAN SIDDIK BANGKA BELITUNG

A.  Latar Belakang
STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (STAIN SAS BABEL) adalah lembaga Pendidikan Tinggi Islam yang menyelenggarakan pendidikan di bawah koordinasi Kementerian Agama Republik Indonesia. Setiap tahunnya STAIN SAS BABEL menyusun rencana program dan anggaran untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan. Dalam penyusunan rencana program anggaran di STAIN SAS Babel masih manual, hal ini dapat dilihat dari mekanisme penyusunan anggaranya, dimana semua jurusan dan unit-unit yang ada di kampus STAIN SAS Babel melakukan pertemuan untuk pembahasan rencana anggaran pada awal tahun. Selanjutnya jurusan dan unit-unit membuat Kerangka Acuan Kerja (KAK) menggunakan aplikasi microsoft world dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) menggunakan aplikasi microsoft excel. Bagian subbagian Perencanaan, Keuangan dan Akuntasi (PKA) melakukan pengkajian terhadap rencana usulan anggaran dari jurusan dan unit-unit berdasarkan standar biaya masukan (SBM) dan standar biaya lainnya pada perguruan tinggi (SBML). Hasil pengkajian tersebut diinput kedalam aplikasi RKAKL (Rencana Kerja Anggaran Kementerian Lembaga) dan di usulkan ke bagian Perencanaan Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Untuk menghasilkan rencana program dan anggaran yang sempurna, Subbagian PKA memerlukan beberapa kali pertemuan untuk melakukan pembahasan rencana program dan anggaran. Sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam penyusunan rencana program dan anggaran, selain itu membutuhkan biaya yang besar juga untuk membiaya kegiatan pertemuan tersebut.
Dalam pengendalian pelaksanaan anggaran pada STAIN SAS Babel juga masih menggunakan cara yang manual, yaitu jurusan dan unit-unit membuat jadwal pelaksanaan kegiatan dalam satu tahun. Akan tetapi jadwal tersebut seringkali bertaberakan dengan jadwal yang disusun oleh jurusan dan unit-unit yang lain.
Sedangkan untuk pelaporan pertanggugjawaban anggaran juga masih menggunakan cara yang manual, yaitu setelah selesai suatu kegiatan dilaksanakan, jurusan dan unit-unit membuat laporan dan menjilid laporan pertanggungjawan pelaksanaan kegiatan dan diserahkan ke bagian Subbagian PKA. Akan tetapi laporan pertanggungjawaban kegiatan tersebut belum terarsip secara digital sehingga apabila arsip tersebut diminta untuk kebutuhan pemeriksaan dari Inspektorat Jenderal atau dari Badan Pemeriksa Keuangan sering kali menyita waktu yang lama untuk menemukan arsip tersebut.
Oleh karena itu berdasarkan latar belakang diatas penulis ingin mengembangkan suatu sistem penyusunan dan pengendalian anggaran pada STAIN SAS Babel berbasis online yang mampu meningkatkan efesiensi dan akuntabilitas dalam penyusunan anggaran pada STAIN SAS Babel.
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan pada latar belakang diatas penulis merumuskan masalah, yaitu:
1.    Seberapa besar efektifitas biaya dan waktu menggunakan Sistem Penyusunan dan Pengendalian Anggaran Berbasis Online dalam penyusunan rencana program dan anggaran pada STAIN SAS Babel?
2.    Seberapa besar akuntabilitas rencana program dan anggaran menggunakan Sistem Penyusunan dan Pengendalian Anggaran Berbasis Online dalam penyusunan rencana program dan anggaran pada STAIN SAS Babel?



C.  Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfataan Sistem Penyusunan dan Pengendalian Anggaran Berbasis online terhadap efektifitas dan akuntabilitas rencana program dan anggaran pada STAIN SAS Babel.
Sedangkan manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah agar STAIN SAS Babel membangun Sistem Penyusunan dan Pengendalian Anggaran berbasis online untuk meningkatkan efektifitas dan akuntabilitas dalam penyusunan dan pengendalian rencana program dan anggaran pada STAIN SAS Babel












Tidak ada komentar:

Posting Komentar