Jumat, 03 Maret 2017

Identifikasi Variabel Penelitian, Ciri Kebenaran Ilmiah dan Proses Penelitian

Nama                          : Kusnadi
Nim                             : 500630465
Tutor                           : Prof. Dr. Hafzi Ali, Ir., MM., CMA.
Mata Kuliah                 : Metode Penelitian Bisnis

DISKUSI 1, MINGGU 2
 Setiap mahasiswa diminta untuk mencari contoh laporan penelitian. Diskusi ini didasarkan pada  laporan penelitian yang sudah dicari oleh mahasiwa. Pada tiap laporan itu, para peserta diminta untuk mengidentifikasi: 
1.      variabel depedenden dan variabel independennya,
2.      alasan bahwa penelitian itu telah memiliki dua ciri kebenaran ilmiah, dan
3.      tiap proses penelitian. 
Jika diperlukan, peserta dapat menuliskan halaman, alinea dan baris pada laporan penelitian itu yang dijadikan dasar dalam berdikusi. 
MOHON AGAR CONTOH LAPORAN PENELITIAN DILAMPIRKAN DALAM DISKUSI 
JAWABAN
1.      Identifikasi variabel independen dan varibel dependen pada penilitian yang berjudul: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Padi, Studi Kasus di Kecamatan Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah.

Variabel Bebas (Variabel Independen) 
adalah variabel yang sering disebut sebagai variabel stimulus, prediktor, dan antesenden. Dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai variabel bebas. Variabel ini memengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (Sugiyono, 2013: 39).
Variabel ini merupakan variabel yang diduga memiliki fungsi sebagai penyebab timbulnya variabel yang lain. Biasanya variabel bebas akan dimanipulasi, diamati dan diukur dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap variabel lainnya. Secara singkat, variabel bebas adalah variabel yang dapat mempengaruhi atau menjadi penyebab perubahan atau timbulnya variabel dependen (terikat). Variabel bebas memiliki fungsi utama sebagai acuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap variabel lain. 

Contoh Variabel bebas pada lampiran penelitian ini: (hal:185 atau hal 6, baris ke 25 kolam pertama)
Dari penelitian tersebut yang menjadi variabel bebasnya adalah luas lahan garapanjumlah tenaga kerja efektif,jenis Pupuk, insektisida, dan pengalaman petani. Faktor-faktor ini bisa mempengaruhi variable yang lain. variabel bebas tersebut memungkinakan untuk dimanipulasi dengan menambah atau mengurangi jumlahnya selama proses penelitian. 

Variabel Terikat atau Dependen
sering disebut sebagai variabel output, kriteria, dan konsekuen. Dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai variabel terikat. Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas (Sugiyono, 2013: 39). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah komitmen kerja (Y).
variabel ini merupakan hasil yang timbul sebagai akibat langsung dari manipulasi dan pengaruh variabel bebas. Dalam sebuah penelitian variabel tergantung diamati dan diukur untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas. Disini variabel dependen juga disebut dengan variabel terikat yaitu variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Variabel tergantung berfungsi untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas. 
Contoh Variabel Terikat pada lampiran penelitian ini: (hal:185 atau hal 6, baris ke 24 kolam pertama) 
Dari penelitian tersebut yang menjadi variabel terikatnya  tanaman padi atau lebih jelasnya, produksi dari proses produksi tanaman padi di Kecamatan Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah. Jumlah produksi biji padi diperhatikan atau diteliti tingkat produksinya dengan memanipulasi luas lahan, kuantitas pupuk buatan, atau jumlah pekerja yang menangani perkebunan belimbing tersebut.  
1.      Ciri kebenaran iilmiah
Untuk menghasilkan kebenaran ilmiah, kita harus melakukan penelitian dengan menggunakan metode ilmiah. Metode ilmiah memiliki beberapa ciri yang harus diterapkan dalam proses penelitian. Ciri-ciri itu mencakup: memiliki masalah yang spesifik, sistematis, empiris, bukan mengenai moral, bersifat publik, kritis, obyektif, terkontrol, serta menggunakan teori dan hipotesis.
Alasan penelitian tersebut memiliki 2 kebenaran ilmiah ialah metode penelitian yang digunakan pada laporan penelitian tersebut menggunakan metode ilmiah. Contohnya: masalah dalam penelitian tersebut sudah sfesifik, menggunakan teori dan hipotesis. 
1.      Proses penelitian
Pada contoh laporan penelitian tersebut sudah menggunakan 13 tahap proses dalam penelitian, yaitu:
1.      Rumusan masalah
2.      Kajian teori dan hasil penelitian yang relevan
3.      Kerangka pemikiran 
4.      Perumusan hipotesis
5.      Desain penelitian
6.      Subyek penelitian
7.      Pengembangan instrumen pengolahan data
8.      Penganalisisan reliabilitas dan validitasi instrumen
9.      Pengumpulan data
10.  Penganalisisan data
11.  Pendiskusian hasil analisis Perumusan kesimpulan dan saran
12.  Pelaporan

 Note : Contoh Laporan Penelitian terlampir 
File Lengkap download disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar