Jumat, 10 Maret 2017

Sistem Informasi Eksekutif dan Critical Succes Factor


Oleh KUSNADI
500630465
MATA KULIAH: SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
DOSEN PENGAMPU: Prof. Dr. Ir. Hapzi Ali, MM, CMA.

Saudara mahasiswa,
Eksekutif Information System (EIS) berfungsi membantu para manajer dalam mengolah informasi. Dengan demikian, keputusan yang dihasilkan akan lebih akurat. 
Sebagaimana diketahui, satu tugas penting manajer adalah membuat perencanan umum. Aktivitas inilah yang membutuhkan informasi akurat. Untuk itu, sistem informasi digunakan untuk memilah informasi yang masuk, agar lebih sesuai dengan kebutuhan manajer.
Untuk memudahkan manajer membuat keputusan, data yang masuk itu dikaitkan dengan faktor yang disebut sebagai critical success factor (CSF). Contoh critical succes factor adalah tingkat kepuasan pelanggan. 
Dalam diskusi kali ini, anda diminta menyusun semacam daftar critical succes factor dalam suatu perusahaan tertentu (jelaskan dulu jenis perusahaannya). Kemudian, cobalah menyusun semacam model EIS sederhana yang memuat CSF itu.
Bagi yang sudah mengupload ide/modelnya, sangat dianjurkan untuk memberi tanggapan pada ide orang lain. Dengan demikian, kita akan saling belajar satu sama lain.
Jawaban
Diskusi pada minggu 7 ini, saya mencoba menyusun daftar critical succes factor pada perusahaan Supplier Alat Tulis Kantor (ATK), ada beberapa faktor yang menunjang seluruh keberhasilan serta menentukan berjalannya roda usaha perusahaan suplier ATK, yaitu
1.      Pelayanan dan kepuasan pelanggan
2.      Harga yang bersaing
3.      Kontrol persediaan barang
4.      Promosi

Untuk membantu perusahaan supplier ATK agar perusahaan bisa bertahan ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat, diperlukan suatu sistem informasi yang membantu eksekutif dalam menganalisis sektor pemasaran.

Dengan sistem informasi eksekutif ini dapat memenuhi kebutuhan informasi yang diinginkan untuk mengambil keputusan dan menyusun strategi dalam menghadapi persaingan sehingga dapat memajukan dan mempertahankan kejayaan perusahaan. Perancangan aplikasi sistem informasi eksekutif ini antara lain penyediaan informasi untuk sektor pemasaran, sehingga dapat membantu memberikan gambaran pada jangka waktu tertentu bagi para eksekutif dalam menyusun strategi pemasaran.

Informasi yang akan disajikan kepada eksekutif meliputi beberapa analisis yang mendukung
perencanaan strategi pemasaran seperti analisis dan evaluasi penjualan, analisis retur penjualan, dan
analisis promosi.








1.      Sales akan memberikan data penjualan, retur barang, dan informasi promosi kepada bagian marketing;
2.      Bagian marketing secara rutin mencari informasi-informasi diluar perusahaan, seperti informasi tentang para pesaing, produk-produk terbaru yang dicari oleh pelanggan;
3.      Bagian pemasaran mendapatkan informasi eksternal perusahaan yang dibutuhkan oleh perusahaan;
4.      Bagian pemasaran akan menginput data yang diperoleh ke dalam system EIS; Sistem EIS akan meng-update informasi tersebut ke dalam Sistem EIS pemasaran untuk diolah;
5.      Eksekutif akan membuka menu yang ada pada aplikasi EIS pemasaran untuk melihat dan memperoleh informasi yang sedang dibutuhkan;
6.      Sistem akan mencari informasi yang diinginkan oleh eksekutif. Hasil pencarian informasi tersebut akan ditampilkan untuk dilihat oleh eksekutif.


Sumber: Mohammad Subekti dkk, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Eksekutif Pemasaran Pada Distributor Alat Tulis Kantor: Studi Kasus Pada Benza Prima. 2011. Jakarta: ComTech.

File PDF Downlaod Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar