Oleh
KUSNADI
500630465
MATA
KULIAH: SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
DOSEN
PENGAMPU: Prof. Dr. Ir. Hapzi Ali, MM, CMA.
Saudara mahasiswa,
Eksekutif Information System (EIS) berfungsi membantu para
manajer dalam mengolah informasi. Dengan demikian, keputusan yang dihasilkan
akan lebih akurat.
Sebagaimana diketahui, satu tugas penting manajer adalah
membuat perencanan umum. Aktivitas inilah yang membutuhkan informasi akurat.
Untuk itu, sistem informasi digunakan untuk memilah informasi yang masuk, agar
lebih sesuai dengan kebutuhan manajer.
Untuk memudahkan manajer membuat keputusan, data yang masuk
itu dikaitkan dengan faktor yang disebut sebagai critical success factor (CSF).
Contoh critical succes
factor adalah
tingkat kepuasan pelanggan.
Dalam diskusi kali ini, anda diminta menyusun semacam daftar critical succes factor dalam
suatu perusahaan tertentu (jelaskan dulu jenis perusahaannya). Kemudian,
cobalah menyusun semacam model EIS sederhana yang memuat CSF itu.
Bagi yang sudah mengupload ide/modelnya, sangat dianjurkan
untuk memberi tanggapan pada ide orang lain. Dengan demikian, kita akan saling
belajar satu sama lain.
Jawaban
Diskusi
pada minggu 7 ini, saya mencoba menyusun daftar critical succes factor pada
perusahaan Supplier Alat Tulis Kantor (ATK), ada beberapa faktor yang menunjang
seluruh keberhasilan serta menentukan berjalannya roda usaha perusahaan suplier
ATK, yaitu
1.
Pelayanan
dan kepuasan pelanggan
2.
Harga
yang bersaing
3.
Kontrol
persediaan barang
4. Promosi
Untuk membantu perusahaan supplier ATK agar
perusahaan bisa bertahan ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat,
diperlukan suatu sistem informasi yang membantu eksekutif dalam menganalisis sektor
pemasaran.
Dengan
sistem informasi eksekutif ini dapat memenuhi kebutuhan informasi yang
diinginkan untuk mengambil keputusan dan menyusun strategi dalam menghadapi
persaingan sehingga dapat memajukan dan mempertahankan kejayaan perusahaan. Perancangan
aplikasi sistem informasi eksekutif ini antara lain penyediaan informasi untuk
sektor pemasaran, sehingga dapat membantu memberikan gambaran pada jangka waktu
tertentu bagi para eksekutif dalam menyusun strategi pemasaran.
Informasi
yang akan disajikan kepada eksekutif meliputi beberapa analisis yang mendukung
perencanaan strategi pemasaran
seperti analisis dan evaluasi penjualan, analisis retur penjualan, dan
analisis promosi.
1. Sales
akan memberikan data penjualan, retur barang, dan informasi promosi kepada
bagian marketing;
2. Bagian
marketing secara rutin mencari informasi-informasi diluar perusahaan, seperti
informasi tentang para pesaing, produk-produk terbaru yang dicari oleh
pelanggan;
3. Bagian
pemasaran mendapatkan informasi eksternal perusahaan yang dibutuhkan oleh
perusahaan;
4. Bagian
pemasaran akan menginput data yang diperoleh ke dalam system EIS; Sistem
EIS akan meng-update informasi tersebut ke dalam Sistem EIS pemasaran untuk diolah;
5. Eksekutif
akan membuka menu yang ada pada aplikasi EIS pemasaran untuk melihat dan memperoleh
informasi yang sedang dibutuhkan;
6.
Sistem akan mencari informasi yang diinginkan
oleh eksekutif. Hasil pencarian informasi tersebut akan ditampilkan untuk
dilihat oleh eksekutif.
Sumber: Mohammad Subekti dkk, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Eksekutif
Pemasaran Pada Distributor Alat Tulis Kantor: Studi Kasus Pada Benza Prima.
2011. Jakarta: ComTech.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar