Jumat, 17 Februari 2017

Pengaruh antara pengambil keputusan dengan risiko dan hasil

Pengaruh antara pengambil keputusan dengan risiko dan hasil dari setiap keputusan yang diambil, baik keputusan investasi maupun keputusan operasional.

Pengambilan keputusan sangat penting dalam manajemen dan merupakan tugas utama dari seorang pimpinan. Selanjutnya pengambilan keputusan diproses oleh pengambilan keputusan  yang hasilnya adalah suatu keputusan. Dalam mengambil suatu keputusan, seorang pembuat keputusan akan dihadapkan pada berbagai resiko dan hasil tehadap keputusan yang diambilnya.
Pengambilan risiko adalah suatu proses dimana seseorang memutuskan apakah kemungkinan tidak akan kehilangan sesuatu yang dinginkan (Kindler, 1999:1). Kualitas keputusan yang diambil oleh seorang pemimpin sangat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan organisasi atau perusahaan. Untuk itu pemimpin harus mengerti dan mengetahui atal-alat yang digunakan dalam mengambil keputusan.
Menurut Wan Usman (2014) ada 4 teori keputusan, yaitu :
1.      Pengambilan keputusan di bawah kondisi kepastian
Dalam hal ini pengambil keputusan mengetahui dengan pasti konsekuensi atau hasil dari setiap alternatif keputusan yang dipilih.
2.      Pengambilan keputusan di bawah resiko
Pengambil keputusan mengetahui kemungkinan akan terjadinya suatu kejadian atau konsekuensi dari tiap pilihan.
3.      Pengambilan keputusan di bawah ketidakpastian
Pengambil keputusan tidak mengetahui probabilitas kejadian yang akan terjadi untuk tiap alternatif.
4.      Pengambilan keputusan dengan hierarki
Didasarkan atas prioritas, dimana penyusunan prioritas itu memuat tiga prinsip : prinsip menyusun hierarki, prinsip menetapkan prioritas dan prinsip konsistensi logik.
Menurut Wan Usman (2014) pengambilan keputusan menggunakan analisis yang ilmiah didasarkan atas logika, mempertimbangkan semua data yang tersedia, semua alternatif yang mungkin dan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Tetapkan masalahnya dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
2.      Konstruksikan kriteria keputusan dan tujuan
3.      Rumuskan hubungan antara tujuan dan variabel-variabel yang ada
4.      Identifikasi dan evaluasi alternatif yang ada
5.      Pilih alternatif terbaik
6.      Laksanakan keputusan
Berdasarkan beberapa teori diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa dalam mengambil sebuah keputusan baik keputusan operasional maupun keputusan investasi harus dipertimbangkan dengan baik agar resiko yang dihadapi tidak berpengaruh buruk terhadap organisasi dan hasil yang diharapkan sesuai dengan harapan.

Daftar Pustaka
 Usman, Wan. 2014. Metode Kuantitatif. Tangerang Selatan :Universitas Terbuka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar